Halaman

Sabtu, 10 Maret 2012

Pengantar Ms. Visual Basic 2010 (VB 2010)

Ms. Visual Basic 2010 (VB 2010) adalah versi terakhir yang dirirlis oleh Microsoft pada tahun 2010 (akhir 2009). Secara umum fungsinya sama dengan VB 2005, tetapi ada beberapa fitur yang ditambahkan. VB 2010 sangat berorientasi dengan objek atau dengan kata lain lebih dikenal dengan bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP/Object Oriented Programming) seperti C++, Java, C# dan lainnya. Faktanya kebanyakan orang lebih familiar dengan VB 6, tetapi kita tetap bisa menggunakan Vb 2010 karena syntax dan tampilannya secara umum sama.
Untuk memulai pembuatan aplikasi kamu yang pertama, kamu harus meng-klik New Project yang ada pada Start Page atau melalui menu File dan kemudian pilih New Project. Kemudian akan muncul kotak dialog seperti berikut:
 Untuk Project Name-nya bisa kita ganti, seperti: program1 kemudian klik OK. Secara umum tampilannya tidak jauh berbeda dengan VB6. Di dalam VB2010 juga terdapat Form, Toolbox, Solution Explorer dan juga Properties.
 Sekarang kita akan coba membuat program pertama menggunakan VB 2010. Langkah pertama, drag satu buah Button yang ada pada Toolbox ke delam Form. Ganti nama Button tersebut menjadi “Hitung”.
 
Sekarang klik tombol “hitung” dua kali dan ketikkan code berikut:
Private Sub Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles Button1.Click
        Dim angka1, angka2, jumlah As Single
        angka1 = 100
        angka2 = 200
        jumlah = angka1 + angka2
        MsgBox(" Penjumlahan " & angka1 & " dan " & angka2 & " adalah " & jumlah)
End Sub

    Sekarang kita bisa menjalankan program ini dengan menekan tombol F5. Kita bisa melihat Message Box yang menjumlahkan dua nomor.
 Untuk mendapatkan file pdf nya silahkan klik download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar