Laman

Minggu, 20 Mei 2012

Membuat Billing Warnet Menggunakan Ms. Excel

Saat ini banyak bermunculan software-software billing warnet yang dapat mencatat semua transaksi warnet mulai dari jasa penggunaan internet, scan, print, atau bahkan hingga minuman ringan yang mendukung usaha warnet. Namun harga software billing warnet yang ditawarkan begitu beragam dan cukup mahal. Dengan sedikit kemampuan Excel, Anda dapat membuat sendiri billing internet dengan mudah. Berikut ini akan dibahas bagaimana membuat billing warnet dengan mudah dengan bantuan Microsoft Excel.

Membuat Tabel Harga
Tabel harga merupakan tabel yang akan menjadi acuan dari harga penggunaan warnet. Buatlah tabel harga dimulai dari cells A3 dan isi konten tabel seperti gambar berikut.

Membuat Tabel Billing
Tabel billing merupakan tabel yang akan menjadi tabel operasional warnet. Buatlah tabel billing dimulai dari cells A10 dan isi konten tabel seperti berikut.

Membuat Rumus
Langkah pertama yang dilakukan sebelum membuat rumus, yaitu menentukan tabel yang akan dijadikan acuan harga. Blok tabel harga dari cells A5 hingga F7, pilih tab Formula ? Define Name.
Tuliskan “tabel” pada kolom Name kemudian klik OK. Dengan begitu tabel harga telah terdifinisikan dengan nama “tabel” untuk memudahkan penulisan rumus.

Cells A: Client
Untuk memudahkan pemilihan client, ubah cells A menjadi menu pilihan. Caranya pilih tab data ? data validation.
Pada dropdown menu Allow, pilih List, dan pada textbox Source, isilah sesuai dengan komputer client yang Anda miliki. Misalnya Anda memiliki 10 client, maka isilah 1;2;3;4;5;6;7;8;9;10 pada textbox tersebut. Perhatikan list separator yang Anda gunakan. Gantilah dengan karakter “,” (koma) apabila Anda menggunakan English (United States) pada Regional and Language Options di Control Panel.
Pada tab Input Message, di teks Title tuliskan “Perhatian” dan pada teks Input Message tuliskan “Silahkan pilih client”. Tab input message berfungsi menampilkan pesan pada saat memilih cells client.
Pada tab Error Alert, di pilihan Style pilih “Information”n pada teks Title tuliskan “Perhatian” dan pada teks Error Message tuliskan “Client tidak tersedia, anda ingin melanjutkan?”.
Tab Error Message berfungsi menampilkan pesan error pada saat pemilihan client dan client tidak terdaftar dalam list client.

Cells B: Kode
Sama seperti kolom A, gunakan validasi data dengan mengisi nilai B;M;S pada textbox Source.
Pada tab Input Message, di teks Title tuliskan “Perhatian” dan pada teks Input Message tuliskan “Silahkan pilih kode harga billing”.
Pada tab Error Alert, di pilihan Style pilih “Information”n pada teks Title tuliskan “Perhatian” dan pada teks Error Message tuliskan “Kode harga tidak tersedia, anda ingin melanjutkan?”.

Cells C: Type
Gunakan rumus:
=IF(B11="B";"Biasa";IF(B11="M";"Member";IF(B11="S";"Siswa";IF(B11="";"-"))))

Cells D: Waktu Mulai
Ubah format sel dengan bentuk jam dengan cara klik kanan pilih Format Cells.
Kemudian pada tab Number pilih Time dengan Type 13:30:55. Isilah waktu mulai dengan format hh:mm.
Cells E: Waktu Selesai
Lakikan hal yang sama dengan cells D.

Cells F: Durasi/Status
Ubah format cells ini seperti cells D dan E. gunakan rumus:
=IF(AND(B11="";E11="";A11="");"";IF(AND(B11<>"";E11="");"Aktif";E11-D11))

Cells G: Durasi Menit
Ubah format cells ini menjadi Number. Caranya klik kanan pilih Format Cells kemudian pilih Number. Gunakan rumus:
=IF(OR(B11="";E11="");"";(HOUR(F11)*60)+MINUTE(F11))

Cells H: Print
Ubah format kolom ini menjadi format Number dengan separator koma.

Cells I: Scan
Ubah format kolom ini menjadi format Number dengan separator koma.

Cells J: Jumlah
Gunakan rumus:
=IF(OR(B11="";E11="");"";IF(G11<VLOOKUP(B11;tabel;3);(VLOOKUP(B11;tabel;4))+H11+I11;(((G11/VLOOKUP(B11;tabel;5)*VLOOKUP(B11;tabel;6))+VLOOKUP(B11;tabel;4)+(H11+I11)))))

Untuk mendapatkan file pdf-nya klik download

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar