Halaman

Rabu, 21 Maret 2012

Sistem Persediaan Barang dengan EOQ dan ABC

Dalam membangun suatu system persediaan barang, ada 2 hal yang perlu diperhatikan yaitu: kapan waktu pembelian yang tepat dan berapa jumlah pemesanan barang yang optimal. Banyak system persediaan barang yang selama ini hanya menampilkan stok barang dan transaksi barang, sementara banyak pihak pengguna sistem yang perlu mengetahui kapan waktu pemesanan barang yang tepat tanpa menunggu barang kosong di gudang dan juga berapa jumlah pemesanan yang optimal sehingga jumlah barang yang dipesan dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Penerapan metode EOQ dalam suatu system persediaan barang bukanlah hal yang baru. Metode EOQ merupakan suatu metode persediaan barang yang dapat menentukan jumlah pemesanan barang yang optimal. Ada beberapa unsure dalam menentukan metode EOQ, yaitu:
1.      Jumlah barang yang dipesan
Untuk menentukan jumlah barang yang dipesan kita menggunakan metode EOQ
2.      Waktu pemesanan yang tepat
Untuk menentukan waktu pemesanan yang tepat kita dapat menggunakan perhitungan ROP
Selain 2 hal di atas, salah satu metode yang dapat diterapkan kedalam system persediaan barang yaitu analisis ABC yang berfungsi untuk menentukan prioritas pemesanan barang. Hal ini sangat membantu pihak pengguna dalam menentukan barang mana yang harus diprioritaskan dalam pemesanan barang.
Untuk itu, kami mencoba menawarkan suatu system persediaan barang dengan menggunakan metode EOQ dan ABC yang dalam hal ini mengambil sampel persediaan obat dalam suatu rumah sakit. Sistem ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 2010 Adapun kelebihan dari system ini selain yang disebut  diatas yaitu, system ini memiliki penanda berupa notifikasi jika sewaktu-waktu barang dalam gudang habis atau masa kadaluarsanya telah sampai. Sistem ini masih berupa suorce code, jadi sangat membantu bagi mahasiswa yang sedang melakukan tugas akhir.
Untuk informasi pemesanan, bias mengirimkan email ke dizz.tr@gmail.com dengan subject: vb001




Tidak ada komentar:

Posting Komentar