Halaman

Sabtu, 21 April 2012

Membuat Animasi Bola Elastis Menggunakan Flash

Animasi bola elastis menampilkan gerakan bola memantul. Pada bagian ini akan digunakan motion tween untuk menetukan posisi awal dan akhir bola. Untuk membuat animasi bola elastis, ikuti langkah-langkah berikut:

1.Buatlah file baru pada Flash. Pada Layer1 klik 2 kali dan ubah namanya nemjadi backround.


2.Pada stage backround, masukkan rectangle tools, ubah ukurannya full pada stage (menggunakan free transform tools) dan ubah warnanya menjadi 2 gradasi warna (ubah type color menjadi linear), yaitu hitam (bagian atas) dan putih (bagian bawah).

3.Buat layer baru (klik insert layer) dan ubah namanya menjadi bola. Lock layer backround dengan meng-klik tanda kunci pada layer backround.

4.Pada layer bola, buatlah gambar bola dengan menggunakan oval tool.

5.Klik kanan gambar bola, kemudian pilih convert to Symbol. Ubah nama symbol menjadi bola, type menjadi movie clip, dan registration tepat di bawah.


6.Klik kanan pada frame 10 layer bola dan pilih insert keyframe. Klik kanan frame 10 pada layer backround dan pilih insert frame.

7.Ubah letak bola ke atas.
8.klik kanan frame 1 layer bola dan pilih copy frame. Klik kanan frame 20 layer bola dan pilih paste frame. Kilk kanan frame 20 layer backround dan pilih insert frame.
9.Klik kanan frame 25 layer bola dan pilih insert keyframe. klik kanan frame 25 layer backround dan pilih insert frame. Klik gambar bola dan gunakan free transform tools untuk mengubah ukuran bola. Drag pusat transformasi bola ke bagian bawah. Kemudian ubah ukuran panjang bola sehingga bola tampak lebih pendek untuk menampilkan efek pantulan bola.


10.Klik layer bola, pada properties ubah tween menjadi motion.

11.Tekan ctrl + enter untuk melakukan test movie.
untuk mendapatkan file pdf beserta file .fla nya, klik download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar